Book Review: Kakeibo, Seni Cerdas Finansial Ala Jepang By AE Zen


Author Sypnosis:

Pernakah Anda kehabisan uang padahal gajian masih seminggu lagi? Atau terpaksa berutang di tanggal tua. Padahal penghasilan bulanan Anda terbilang besar, tapi rasanya tak cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari? Jika Iya, solusinya aturlah keungan Anda dengan metode kakeibo.

Kakeibo adalah cara mengatur uang ala orang Jepang. Dalam Kakeibo, keuangan dipilah-pilah menjadi beberapa pos seperti kebutuhan belanja harian, tagihan, tabungan, dan lain-lain. Selain itu, Setiap pengeluaran sekecil apapun wajib dicatat di buku khusus. Sebelum belanja juga ada catatan rencana pengeluaran uangnya.

Dengan mengatur keuangan ala Kakeibo, semua perencanaan belanja sudah dirancang. Baik untuk pengeluaran primer, sekunder, maupun tersier. Jika Anda tidak akan lagi hanya makan nasi dan garam di tanggal tua. Bahkan berlebih dan bisa ditabung.

Tunggu apa lagi? Baca buku ini. Kakeibo akan mengubah hidup Anda secara drastis dan menakjubkan. Dengan metode Kakeibo, kesehatan finansial Anda akan selalu terjaga.

Well, ini adalah buku yang paling dibutuhkan untuk semua orang yang suka belanja seperti saya 😁😁😂😂. Saya merasa ditampar puluhan kali ketika baca buku ini. Kenapa?

Buku ini adalah buku seni menata keungan ala orang jepang. Kita tahu di negara sakura tersebut semua orang sangatlah efisien, bahkan rumah yang ditinggali cukuplah efisien. Tidak ada hedon, tidak ada rumah berlapis emas seperti yang kita temui di Indonesia. Karena di negara sakura tersebut semuanya serba mahal, kebutuhan harian juga mahal, bahkan hanya orang kaya saja yang mampu beli mobil saking mahalnya pajak dan kebutuhan harian dan belum lagi parkir. Oleh karena itu, banyak orang jepang yang menggunakan transportasi umum bukan kendaraan pribadi. Alasannya karena murah, hemat dan lebih efisien dan cepat.

Begitu pula yang terjadi dalam cara menata keuangan mereka. Banyak orang jepang menggunakan metode Kakeibo. Apa itu kakeibo? adalah cara menata keuangan baik pengeluaran, pendapatan dan mencatat semua hal detail. Metode ini menekankan pada motif membeli itu sendiri apakah karena butuh atau hanya impulsive buying semata, mungkin karena ada diskon gede, atau lagi big sale barang branded.

Well, kakeibo ini mengajarkan prinsip hidup sederhana, tidak berlebihan, tidak boros, pengeluaran tidak lebih besar dibanding pendapatan.

Jujur saja, Saya mengalami hal yang serupa, Baru saja gajian, Eh uang ludes entah kemana. Haha.

Kakeibo memberikan solusi dengan pencatatan tiap pengeluaran secara detail. Bahkan ongkos parkir-pun perlu kita catat. Apa tujuannya? Agar semua keunagan kita lebih terarah, kita membeli sesuatu bukan karena kita ingin namun karena kita butuh dan mengambil manfaat dari barang yang kita beli, bukan karena brand apa dan darimana, toh fungsinya sama untuk dipakai juga. 🙂

Selain itu, metode ini juga membuat kita lebih efisien dalam berbelanja, dengan membuat catatan belanja kebutuhan harian sebelum pergi ke supermarket biar tidak khilaf ketika melihat barang diskonan lainnya di supermarket.

Well, Buku ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang suka kalap belanja, tidak tahan lihat barang baru atau baju model terkini.
Ingin tahu lebih detail bagaimana dan seperti apa metode Kakeibo? Yuukk baca langsung!

Rakkaudella,

FJ

Books review lainnya:

Leave a comment