Book Review: Yang Telah Lama Pergi By Tere Liye


Author synopsis:

Sakit Hati…

Kebencian…

Dendam Kesumat…

Tangis dibalas tangis…

Luka dibalas luka…

Novel yang sudah lama ditunggu-tunggu para pembaca setia Tere Liye yakni Yang Telah Lama Pergi.

Buku ini berkisah seorang pembuat peta (kartografer) dari Baghdad bernama Mas’ud yang terjebak dalam kapal perompak, awal mulanya mas’ud bermaksud meneruskan cita-cita sang ayah yakni membuat peta Pulau Swarnadwipa (Sumatera) namun naas Mas’ud malah dikira seorang mata-mata kerajaan yang kemudian di selamatkan biksu Tsing.

Ajaibnya biksu ini kenal dekat dengan Raja Bajak Laut, Remasut. Cerita berlanjut ketika Raja Bajak Laut menawarkan posisi sebagai kartografer penting dalam mengalahkan kerajaan Sriwijaya.

Dimulailah perjalanan Mas’ud Al Baghdadi.

Banyak kisah terungkap di balik wajah garang para bajak laut, mulai di dari Sang Bajak Laut, yang ibunya di bunuh oleh kerajaan Sriwijaya, Pembayun (penasihat bajak Laut) yang diselamatkan oleh Bajak Laut dari penjara hingga Emishi, Samurai buta yang ingin balas dendam.

Novel ini mengingatkan saya pada Novel HELLO Tere Liye. Dengan Alur yang sama serta penggunaan karakter Mas’ud sebagai pembuka jalan cerita.

Novel ini tidak hanya menceritakan dendam para bajak laut kepada kerajaan Sriwijaya yang keji, membunuh sanak saudara mereka, Tapi juga bercerita tentang bagaimana kerajaan Sriwijaya yang Korup, munafik serta dzalim kepada rakyat, disaat rakyat menderita, kerajaan malah meminta upeti lebih tinggi pada rakyat.

Kisah ini sangat relate dengan kehidupan nyata yang kita alami, dimana pemerintah semakin dzolim, banyak para penjabat yang hidup bergelimang harta disaat para rakyat mengais rezeki bertahan untuk makan sehari hari, banyak kelangkaan terjadi mulai dari minyak, hingga bahan bakar dan dikeluarkan dengan harga yang melambung tinggi.

Kalian penasaran dengan ending dan kisah bajak laut melawan kerjaan Sriwijaya ini? Yuk beli buku originalnya dan baca langsung! 😆😆😆

Rakkaudella,

FJ

Books review lainnya:

Leave a comment