Book Review: Quit By BackpackerTampan


“Pandhu mau berhenti kuliah, Pa”. Papa seketika terdiam. “Kamu itu selalu seperti ini! Hanya mau melakukan hal yang kamu suka.” Namun, pilihan yang gue buat itu nggak pernah gue sesali hingga hari ini.

Sesaat setelah berhenti kuliah, semua terasa menakutkan. Gue takut nggak dapat pekerjaan, nggak bisa survive, nggak bisa makan. Takut gagal.

Namun, Seandainya gue nggak berhenti kuliah, gue nggak akan ambil kesempatan kerja di sebuah perusahaan wedding film di Bali. Lalu, Kalau gue nggak berhenti dari perusahaan wedding film itu, gue nggak akan bekerja sebagai editor video Christian Leblanc-Youtuber yang sering gue tonton videonya.

Setelah berhenti bekerja dengan Christian Leblanc pun, gue mendapat kesempatan bekerja sama dengan kementerian Pariwisata untuk keliling Indonesia, dibayar pula. Ini definisi ‘the best job in the world’ yang sejak dulu hanya menjadi khayalan babu gue. Traveling yang bukan menghabiskan uang, melainkan menghasilkan uang. Dan disinilah gue sekarang, menjadi travel vlogger, menjelajahi Indonesia dan belahan dunia lain.

Berhenti ternyata nggak selamanya buruk. Berhenti kadang cara mempersiapkan diri untuk kembali berlari.

Pandhu Waskhita adalah salah satu youtuber Indonesia yang lumayan terkenal dikenal dengan nama backpacker tampan. Ini adalah buku kedua dari Pandhu Waskhita.

Kisah pandhu ini sangat menarik untuk di baca mulai dari ketidakcocokan pandhu dnegan semua pilihan orang tua mulai dari jurusan di SMA antara IPS atau IPA dan juga pilihan bidang kuliah yang ia tekuni. Namun apa daya, Pandhu mencoba sekeras mungkin untuk membuat bahagia kedua orangtuanya. Namun gagal.

Hingga suatu saat setelah berbicara kepada papanya pandhu dan menghibur diri melalui perjalanannya ke Filipina dengan budget seadanya. Bertemu dengan banyak teman dari mancanegara, membuatnya seakan lebih hidup. Pandhu sadar jika ia akan membulatkan tekat untuk mengejar passionnya, Dia ingin menjelajahi dunia tanpa harus menguras kocek menghasilkan uang dari penjalanan itu.

Dan dari situlah semua kisah backpacker tampan dimulai. Pandhu rela mengambil resiko di tengah krisis percaya diri, Apakah dengan jalannya ini akan membuatnya sukses atau gagal.

Ini lah salah satu wishlist book saya di tahun ini, Saya mengenal pandhu melalui youtubenya bernama backpacker tampan, Saya terpesona dengan editing videonya dan semua angel yang diambil dalam semua vlog youtubenya. Indah, Natural dan bahkan Pandhu juga memberikan tips-tips juga bukan hanya jalan-jalan.

Jarang sekali orang yang berminat mengejar passion dibandingkan mengejar uang. Banyak saat ini diantara kita yang mungkin bercita-cita sebagai pekerja full time 8 -9 jam gaji yang cukup untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari. Tapi yang didapat hanya capek dan lupa akan cara bahagia dan bersyukur.

Di buku ini kita akan belajar dari perjalanan seorang backpacker tampan yang lebih mengejar passion dibandingkan mengejar uang yang tidak seberapa. Hati senang dan uangpun datang dengan sendirinya, Tidak mudah memang tapi semua hal yang kita pilih akan ada resikonya. Semua pilihan kita beresiko.

Saya merekomendasikan buku ini, bukunya ringan dengan gaya bahasa kekinian, mudah dipahami dan harga cukup terjangkau. Semua kisanya mengalir saja seperti air, Untuk kamu yang lagi galau ingin mengejar karir dengan iming-iming gaji tetap atau bekerja sesuai passion, Buku ini wajib dibaca!

Rakkaudella,

FJ

Books review lainnya:

Leave a comment