Book Review: Kimbab Family Bukan Kisah Drama Korea


Suatu hari, Aku sangat senang menghabiskan tiap malam sebelum tidur untuk menonton Youtube. Kebanyakan yang kutonton adalah Family Vlog or daily vlog milik para Youtuber korea yang masih berbahasa indonesia. Dan bertemulah aku dengan vlog kimbab Family.

Sudah lama sekali aku mengikuti kisah mereka, Mulai dari di Bandung hingga pindah ke Korea. Ternyata, Aku juga tahu kalau mereka terutama Mama Gina dan Appa Jay membuat buku yang dinamakan “Kimbab Family, Bukan Kisah Drama Korea”. Sayang sekali saat itu harganya bisa dibilang cukup merogoh kocek dengan buku yang tipis dan kecil, Tapi tidak mengapa, Aku berusaha mendapatkan buku tersebut ketika diskon besar. 😀 😀

Bagaimana kisahnya?

Diawali dengan kisah Mama Gina yang bertemu dengan Appa Jay ketika beliau menuntut ilmu di Cina. Dari tidak ada rasa hingga kemudian tumbuhlah benih-benih rasa suka karena terbiasa melihat, berkomunikasi hingga menghabiskan waktu bersama. Namun perpisahan pun harus terjadi ketika keduanya harus kembali ke negara masing-masing. Namun, Appa Jay masih keep in touch dengan mama Gina. Mereka menjalani Long Distance Relationship.

Sampai suatu ketika Appa jay datang ke Indonesia untuk melamar Mama Gina, Tak berhenti sampai disitu, Mama Gina dan Appa jay mengarungi sebuah bahtera rumah yang berbeda dikarenakan perbedaan budaya dan bahasa. Apa yang biasa dilakukan orang korea belum tentu wajar bagi orang Indonesia dan begitu sebaliknya. Namun perbedaan tersebut tidak lantas membuat mereka menyerah, tapi membuat mereka berintropeksi diri lebih dalam.

Dan lahirlah anak-anak manis mereka bernama Suji, Yunji dan Jio yang terkecil yang membuat keluarga Mama Gina dan Appa jay lebih lengkap dan Kabar bahagia ini membuat mertua Mama Gina bahagia karena laki-laki adalah penerus keluarga di korea.

Mama Gina dan Appa Jay juga berusaha keras menjadi orang tua yang baik, Karena memang mungkin yang ditampilkan di youtube tidak semua hal yang ada di keseharian. Mereka masih terus belajar.

Dari buku ini adalah buku tentang cerita pribadi keluarga Kimbab Family. Mungkin di luar sana, Banyak orang yang memimpikan nikah dengan bule yang jelas berbeda baik dari segi bahasa, dan budaya. Namun inilah cerita nyata yang disuguhkan oleh Kimbab Family yang mana perjuangannya tak seindah dan tak seminanis yang ada di drama korea. Namun perjuangan mereka hingga sekarang tetap bertahap adalah pelajaran hidup yang luar biasa.

Tak lupa yang saya sangat suka di buku ini memberikan tips-tips bagi para pembaca, baik itu tips parenting dan mengurus keluarga serta juga menghadapi mertua. Haha.

Buku ini sangat rekomendasi sekali apabila kamu sekarang sedang menjalin atau bermimpi dengan mempunyai keluarga multi-kultur.

Bagaimana menurutmu tentang buku ini? Kebetulan saya mendapatkan buku cetakan pertama dengan tanda tangan Mama Gina dan Appa Jay. Senang sekali 🙂

Rakkaudella,

FJ

Books review lainnya:

Leave a comment