Book Review: Inspirasi Dari Tanah Eropa By Ario Muhammad PhD &Ahmad Ataka PhD


Kisah ini adalah sebuah perjalanan dari seorang Ario Muhammad menggapai mimpi menjadi seorang bergelar doktor dan juga Ahmad Ataka yang menyuguhkan Kisah mengharu biru sejak SMA, perjuangan keduanya tidak mudah dalam hidup. Tapi Mereka berhasil menelurkan sebuah kisah nyata yang memang penuh perjuangan.

Cerita ini berawal dari Ario yang sedang berjibaku dengan dokumen untuk kepergiannya menuju Bristol university untuk study S3 nya. Belajar dari sebuah kampus swasta di jogjakarta kemudian melanjutkan S2 di Taiwan dan berakhir di Bristol, Inggris. Ario membagikan kisah perjalanan lika-likunya di dalam buku ini, di mulai dari merasakan bulan pertama di Bristol, mendapatkan kritikan pedas para supervisor hingga perjalanan visiting research ke Skotlandia, dan Kyoto Jepang.

Ario tidak hanya menyuguhkan kisah biasa tapi bagaimana beliau bertemu dengan banyak orang hebat dalam bidang tsunami, yakni adalah study yang ia tekuni. Namun Ario juga memberikan kisah lain selain dunia research, setiap kisah yang ia bagikan mengandung pelajaran tersendiri. Diantaranya tentang Kerja keras, dedikasi, stay humble serta berprasangka baik meskipun kita tidak tahu hasilnya nanti seperti apa dan ingatlah Allah dalam setiap langkahmu. Kita manusia hanya bisa berusaha namun rencana terbaik selalu datang dari Allah.

Di bab lainnya ada Ahmad Ataka yang mengisahkan kisah lain dari sisi hidupnya. Semua berawal dari kerja kerasnya untuk masuk dalam seleksi OSN tingkat nasional yang sudah terkenal sulitnya.

Dulu aku juga merasakan yang sama, aku berlomba untuk meraih peringkat dalam lomba OSN di Surabaya beberapa tahun lalu dalam bidang akuntansi dan ekonomi. Soalnya bukan hanya sulit, tapi memang sulit sekali, eh jadi curhat😁😂 .

Balik lagi ke kisah Ahmad Ataka, dulu ia ingin sekali memberikan medali emas untuk keluarganya, terutama ayah Ataka yang selalu mendukungnya. Gagal di tahun pertama dalam olimpiade Fisika tingkat nasional membuat Ataka menyiapkan diri lebih baik dalam olimpiade tahun selanjutnya, tidak hanya belajar etek-etek tapi Ataka bekerja keras untuk meraih medali emas 🏅. Dan kisahnya berlanjut dari olimpiade ke olimpiade, dari OSN ke wilayah olimpiade di Asia bahkan di internasional.

Tak hanya berhenti disana, Ataka mampu membawa juara 2 dalam kompetisi robotika tingkat nasional bersama teman-temannya di UGM, Yogyakarta. Hingga ia mendapat beasiswa LPDP di King’s College London untuk studi S3 nya.

Kisah kedua penulis ini nyata, bukan hanya cita-cita saja yang terucap tetapi kerja keras, pantang menyerah memberikan sebuah hasil, tidak ada sebuah proses yang sia-sia karena sejatinya proses menempa kita untuk tahan banting dan pantang menyerah. Dan juga doa dan kesabaran. Tidak ada yang instan di dunia ini apalagi untuk kelas S3 di luar negri.

Kisah ini membuat saya begitu terharu, rasa bangga atas pencapaian mereka membuat semangat terbaru dalam diri saya.

So jika kamu masih menangis karena sebuah kegagalan, jangan berkecil hati karena Thomas Edison saja harus berekspresi ribuan kali untuk menemukan bohlam lampu yang kalian pakai dirumah. So ada saat semua perjuanganmu berbuah manis, so jangan menyerah sekarang. Saatnya kamu bangkit dan mulai bekerja keras, karena hasil tidak akan mengkhianati sebuah proses. 😄😄😄

Rakkaudella,

FJ

Books review lainnya:

Leave a comment